Jumat, 16 Maret 2012

engkau sebagai siapa dan berperan sebagai apa

Sedikit mengulang pelajaran sosiologi umum semester pertama, akan kita temui sebuah istilah struktur sosial. Kalau kita definisikan secar singkat dan bebas maka struktur social itu berarti “engkau sebagai siapa dan berperan sebagai apa”. Seperti yang kita ketahui, manusia adalah makhluk social yang takkan pernah dapat hidup sendiri. Ia akan selalu membutuhkan bantuan dari lingkungan sekitarnya. Sebagai contoh, apabila hanya ada seorang manusia didunia niscaya lama kelamaan ia akan merasakan bosan hidup dalam kesendiriiannya. Mungkin inilah mengapa Hawa diciptakan untuk menemani nabi Adam. ^_^

Kembali ke pelajaran sosiologi umum, kesadaran seseorang memahami struktur sosial didalam kehidupannya adalah urgen adanya. Darinya dapat diketahui apa peran seseorang didalam kehidupannya, lalu beranjak ke dalam masalah “apa yang harus dilakukan” guna menuntaskan peran tersebut. Merujuk ke pelajaran agama islam (wah ini review materi kuliah ya :D ). Peran kita di dunia ini adalah minimal sebagai khalifah (pemimpin) di bumi dan juga sebagai dai (penyeru ke kebaikan). Seperti yang telah Allah maktubkan di dalam al Quran:

30. ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada Para Malaikat: "Sesungguhnya aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi." mereka berkata: "Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, Padahal Kami Senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?" Tuhan berfirman: "Sesungguhnya aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui. (al baqarah :3o)"

Telah Allah jelaskan bila kita sebagai muslim memiliki peran sebagai khalifah di bumi yang memiliki tanggung jawab sebagai pemimpin, minimal memimpin dirinya sendiri. Dan bila seorang manusia sudah bisa memimpin dirinya sendiri lanjut ke perannya yang kedua, yaitu sebagai seorang dai. Seorang yang mengajak ke dalam kebaikan dan mencegah kemunkaran dan juga beriman kepada Allah rabb semesta alam. Seperti yang termaktub didalam surat alim imron ayat 110:

kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma'ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah. Sekiranya ahli kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka, di antara mereka ada yang beriman, dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang fasik. (ali imron :110)

Setelah kita pahami “engkau sebagai siapa dan berperan sebagai apa”, maka kini saat nya kita memaksimalkan peran kita. Usahakan yang terbaik guna mendapat hasil yang terbaik. Jangan mau hanya berperan sebagai penonton yang tidak menghasilkan apa-apa.

Ingatlah…

Hidupmu hanya sekali…

Maka jadikanlah itu sebagai sebuah hal yang berarti…

Jangan sampai kamu lengah pada masa kini…

Karena hanya akan ada penyesalan yang menunggumu dikemudian hari..

0 komentar:

Posting Komentar

 

About Me

Foto Saya
boecah
segalanya telah berubah... tak ada yang akan selalu konstan di dunia ini...
Lihat profil lengkapku

Followers

Copyright © 2010 boecah lawu

Template By Nano Yulianto