Sabtu, 03 Juli 2010

malam minggu. ( 3 juli 2010)

hari ini hari sabtu. dan malam ini malam minggu, tetapi kaka ku bilang ini malam ahad. hehehe ^_^

alhamdulillah hari ini baru aja beli buku baru. kalo ga salah judulnya "10 BINTANG PENGHAFAL ALQURAN". merupakan sebuah buku yang menceritakan tentang sebuah keluarga besar yang mana setiap anggota keluarga ini menghafal al quranul karim. dari anak paling tua sampai anak yang biasanya dalam tradisi jawa di sebut "ragil" atau bahasa kerennya anak terakhir pun tak mau ketinggalan untuk ikut menghafal alqur'an. subhanallah

dalam buku itu juga di sebutkan, bahwa prestasi mereka (para penghafal alquran) dalam bidang akademis pun ta bisa di anggap sebelah mata. hal ini membuktikan bahwa dengan menghafal alquran bukanlah suatu beban pikiran. tapi dengan menghafal alquran, bisa melatih otak dan pikiran kita menjadi lebih terasah dan menjadikan otak kita lebih bekerja secara optimal.

banyak orang yang berpikiran. gimana ya menghafal alquran yang 30 juz, 114 surat??? bisa ga ya aku menghafal sebanyak itu???? apa ga jebol nih kepala menghafal segitu banyaknya??? hhmmm....tapi itu semua hanya buah pikiran kita saja. karena kita belum mencoba, maka wajar kalo kita berpikiran seperti itu. namun bila sudah mau mencoba untuk menghafal. mungkin bisa dimulai dengan satu surat yang gampang dan agak pendek ayatnya. setelah bisa dilanjutkan surat yang lain. terus...teruss menambah hafalan yang satu halaman, jadi satu lembar. bertambah....bertambah dan terus bertambah . yang akhirnya tanpa terasa satu juz al quran telah kita hafal. subhanallah.

sesungguhnya menghafal itu mudah bagi yang dimudahkan oleh allah. dan menghafal itu hanya perlu kesungguhan, kesabaran juga besarnya kemauan untuk menghafal itu sendiri. sedangkan inti dari menghafal adalah, "yaitu banyak mengulang".
barang siapa yang banyak membaca dan mengulang hafalannya niscaya ia akan kuat hafalannya. wallahua'lam

3 komentar:

semoga ane bisa jadi salah satunya.

tidak sekadar hafal, juga paham dan menjadi al-Quran "hidup".

Mudamimatun nadhr ilal kutub..

Posting Komentar

 

About Me

Foto Saya
boecah
segalanya telah berubah... tak ada yang akan selalu konstan di dunia ini...
Lihat profil lengkapku

Followers

Copyright © 2010 boecah lawu

Template By Nano Yulianto