Selasa, 16 April 2013

Jodoh Itu Apa sih?

Suatu hari, seorang sahabatku memberikan sebuah pertanyaan yang tak kusangka sebelumnya.

Ia bertanya,  “Jodoh itu apa sih?”. 

Aku pun spontan menjawab, “Hmm.. apa ya?? Nanti lah ku cari kan jawabannya. Hhehe :D “ 

dan dari percakapan singkat ini berkembang menjadi sebuah tulisan sederhana berikut. Yang kurang lebih membahas tentang apa itu “JODOH”.

Kembali ku buka-buka dokumen yang pernah kubuat sebelumnya, hingga akhirnya kutemukan beberapa patah kata yang menerangkan jawaban tentang pertanyaan diatas. Berikut beberapa cuplikan quote nya:

“ Jodoh itu artinya kebersamaan, Dan kebersamaan itu bukanlah disebabkan karena banyaknya kesamaan, namun karena ada rasa saling menghargai terhadap kekurangan yang dimiliki.” [Hoeda,2012]

“Jodoh bukanlah tentang nama orang, bukan namamu atau pun namanya. Tetapi tentang kualitasmu dengan kualitas seseorang” [Kurniawangunadi,2012]

“Bagi para pemuda, wanita bukanlah bidadari surga yang serba sempurna. Dan bagi para pemudi, laki-laki bukanlah malaikat  yang tanpa dosa. Karena memang jodoh itu akan saling melengkapi diantara keduanya” [Pak Toto Haryanto,2013]

Nah, itu beberapa patah kata yang sekiranya dapat sedikit menjawab pertanyaan temenku diatas. Lalu iseng-iseng kutanyakan pertanyaan yang sama ke beberapa sahabatku yang menurut perkiraanku dapat ikut menyumbangkan pendapatnya. Berikut mari kita simak jawaban-jawabannya:

“Jodoh itu layaknya sebuah panci dengan tutupnya. Sebagus apapun pancinya kalau tutupnya ga pas,entah itu kegedean atau pun kekecilan maka jadinya kurang bagus. Begitu pula sebaliknya”

Ada pula yang menjawab dengan sebuah jawaban singkat,

“Jodoh itu pasangan”

Mungkin kalau dijabarkan dapat kita baca seperti ini,

“Jodoh itu seperti sepasang sepatu, meski bentuknya berbeda antara satu dengan yang satunya (kanan-kiri) tetapi keduanya memiliki tujuan yang sama untuk terus berjalan. Namun antara satu bagian dan bagian yang lain haruslah memiliki ukuran dan kadar yang sama agar ketika berjalan tidak ditemui ketimpangan.”  

Dan dari semua quotes diatas dapat ku ambil sebuah garis kesimpulan,

“JODOH adalah pasangan yang merupakan cerminan dari pribadimu, kalau kamu baik maka akan mendapat yang baik pula, kalau kamu kurang baik maka akan mendapat yang kurang baik pula. Karena nya sebelum datang ketentuan-NYA marilah memperbaiki kualitas diri untuk jadi lebih baik lagi.”

Mengutip sebuah potongan ayat di dalam surat Annur ayat 26,

 ……. dan wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki- laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik (pula)…. {Annur:26}

Mungkin beberapa rangkai kalimat diatas belum bisa menjawab pertanyaan sederhana tentang “Jodoh itu apa?”, namun setidaknya semoga apa yang telah ku rangkumkan diatas dapat diambil manfaatnya, dan bila ada salah mohon koreksinya. (^_^)

SEMANGAT!!! (9^,^)9
#FASTABIQUL-KHAIRAT

0 komentar:

Posting Komentar

 

About Me

Foto Saya
boecah
segalanya telah berubah... tak ada yang akan selalu konstan di dunia ini...
Lihat profil lengkapku

Followers

Copyright © 2010 boecah lawu

Template By Nano Yulianto