Senin, 02 Juli 2012

Husnudzon itu indah

Tiap orang pastilah mempunyai cara pandangnya sendiri terhadap sebuah persoalan yang dihadapi. Adakalanya juga satu masalah yang memiliki beberapa cara penyelesaian tergantung dari sudut mana seseorang memandang. Memang susah untuk menyatukan persepsi diantara sekian banyak orang. Dalam kerja kelompok pun sering ditemui perbedaan-perbedaan yang terjadi. Mungkin disinilah pentingnya berpikiran jernih, karena banyak sekalai contoh kasus ketika berbeda pendapat maka akan terjadi debat yang seringnya berujung kepada saling menghujat. Walau ada juga yang tidak sampai menghujat, tetapi minimal ada perasaan nggrundel didalam hati.

Semua itu terjadi karena memang sifat dasar manusia adalah tidak mau kalah, ingin menang dan merasa selalu benar. Jarang sekali didapai seseorang yang mau menerima kekalahan, mau mengakui kesalahan dan juga mau menerima keadaan dengan hati yang lapang. Namun perlu digaris bawahi, jarang bukan berarti tidak ada. Insya allah akan selalu ada golongan yang sedikit namun punya kontribusi yang banyak.
Allah menciptakan segala sesuatu dengan berpasangan. Ada yang pemarah maka ada pula yang pemaaf, ada yang penakut maka aka nada pula yang pemberani, ada yang pendiam maka ada pula yang suka berbicara. Semua itu adalah sunnah Nya didunia. Dan segala apa yang telah Allah ciptakan, insya allah selalu ada manfaat dan juga hikmahnya. Cuma terkadang manusia perlu beberapa waktu lamanya untuk menyadari dan mensyukuri nya.

Layaknya penyakit yang mendera seseorang, kalau kita mau berpikiran positif maka akan kita temui bahawa penyakit itu sebuah anugerah yang telah Allah karuniakan. Seperti yang Allah janjikan lewat sebuah hadits yang intinya bahwa penyakit yang mendera seorang muslim itu adalah sebagai penebus dosa-dosanya. Seorang muslim akan diuji dengan penyakit sebagai penghapus kesalahan-kesalahannya hingga ia berjalan diatas bumi ini tanpa mempunyai kesalahan. Bila memang merasa cobaan yang datang begitu berat maka ingatlah “Laa yukallifullahu nafsan illaa wus’aha” , Allah tidak akan membebankan kepada hambaNya kecuali sesuai dengan kemampuannya. Ternyata memang benar, HUSNUDZON itu indah (^_^).

0 komentar:

Posting Komentar

 

About Me

Foto Saya
boecah
segalanya telah berubah... tak ada yang akan selalu konstan di dunia ini...
Lihat profil lengkapku

Followers

Copyright © 2010 boecah lawu

Template By Nano Yulianto