Minggu, 03 Februari 2013

Dibalik ketaksempurnaan itu selalu tersimpan keindahan

Setiap orang didunia ini pastilah memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Ada kalanya kita temui seorang yang pandai dalam bidang akademik. Namun di waktu yang lain sering juga kita temui orang yang mahir dalam bidang non akademik, olahraga mungkin. Semua orang pastilah memiliki kelebihannya masing-masing dengan spesifikasi yang mungkin tidak sama tentunya. Dan layaknya sebuah koin yang memiliki dua sisi yang berbeda, maka selain memiliki kelebihannya masing-masing manusia pun pastilah memiliki kekurangannya sendiri-sendiri. Itulah sunnah-Nya didunia ini, tidak ada manusia yang sempurna.

Namun apakah hanya karena memiliki kekurangan, seseorang harus merasa rendah diri? Tidak bung. Meski mungkin ia merasa orang lain lebih hebat dan berguna dibanding dirinya, itu baru dalam satu sisi. Tak sadarkah ia bila dirinya pun memiliki kelebihan sama seperti yang lainnya? Mungkin di sisi yang lain ia jauh ahli dibanding yang lainnya. Bila orang lain mahir didalam akademik dan ia tidak (belum) bisa semahir meraka dibidang yang sama, maka sangatlah mungkin ia lebih mahir di non akademik. Jika orang lain mahir didalam orasi secara visual, mungkin ia pun jago orasi meski lewat goresan-goresan tinta emasnya. Jika ia sudah sadar bahwa ia pun memiliki kelebihan, pantaskah ia tetap merasa rendah diri kepada yang lainnya??

Allah yang maha adil telah membekali setiap hambaNya dengan kelebihan dan kekurangan. Dan segala ketentuanNya pastilah memiliki hikmah yang sangat indah. Meski terkadang untuk menemukan hikmahnya, seseorang haruslah bersabar menjalani segala proses untuk mencapainya. Seperti sebuah kata mutiara yang berbunyi, “Orang yang sabar, pastilah ia akan beruntung” . J

Seorang bijak pernah memberikan petuahnya,

“Dibalik ketaksempurnaan itu selalu  tersimpan keindahan”

Yang artinya, bahwa tidak selama ketaksempurnaan itu tak berharga.

Sebagai salah satu contohnya bila manusia memiliki ingatan yang sempurna dan tak pernah lupa, maka akan kita temui banyak manusia yang selalu murung teringat masa-masa pahit dan kelam yang pernah dilaluinya. Seandainya manusia sudah sempurna dalam menggapai mimpi-mimpinya niscaya akan kita temui orang-orang yang tak bersemangat didalam hidupnya. Kok bisa? Karena sifat manusia itu pemalas, jika apa yang dicitakannya telah terwujud semua menjadi nyata, buat apa susah-suah untuk terus berupaya? Mungkin inilah salah satu keindahan dari ketaksempurnaan, yaitu agar kita mau terus semangat dalam berupaya untuk mewujudkan segala cita menjadi nyata.

Maka bersyukurlah karena kita tidak sempurna, karena dengannya kita pun dapat menemukan belahan jiwa yang dapat menutupi serta melengkapi kekurangan kita. Allah itu maha adil lagi penyayang, yang akan selalu memberikan yang terbaik untuk hamba-hambaNya yang selalu berusaha untuk terus menambah takwa. Dan aku yakin bahwa Allah itu selalu menepati janji, tinggal kita yang harus berusaha untuk memantaskan diri dapat menggapai janjiNya. Insya Allah kulluhu khair (^_^)

0 komentar:

Posting Komentar

 

About Me

Foto Saya
boecah
segalanya telah berubah... tak ada yang akan selalu konstan di dunia ini...
Lihat profil lengkapku

Followers

Copyright © 2010 boecah lawu

Template By Nano Yulianto