Minggu, 02 September 2012

Mengenal beberapa Ospek di IPB



Tahun ajaran baru hampir dimulai di setiap kampus atau universitas di negeri ini. Pun yang terjadi di IPB kini, gelora tahun ajaran baru juga mulai Nampak. Wajah-wajah baru mulai bermunculan di area sekitar kampus ini. Dari yang sekedar berjalan-jalan  disekitar kampus guna melihat pemandangan hingga ada juga yang mencari jajanan untuk mengisi perut yang kelaparan. 

Salah satu hal yang mungkin bisa disebut sebagai tradisi di setiap kampus ketika menyambut tahun ajaran baru adalah diadakannya Masa Pengenalan Kampus atau yang lumrah terdengar dengan sebutan OSPEK. Sedikit bercerita tentang IPB, di kampus hijau ini pun diadakan masa pengenalan kampus. Bedanya di IPB namanya bukan ospek, tetapi MPKMB (Masa Pengenalan Kampus Mahasiswa Baru). Maka tak heran bila beberapa hari lalu sering terlihat wajah-wajah baru berkeliaran mencari perlengkapan MPKMB di sekitar kampus IPB Dramaga. Dan sebuah barang yang selalu menjadi primadona di buru ada sebuah penutup kepala berbentuk kerucut yang identik dipakai oleha para petani. Yups, “caping” bahasa kerennya. Itulah topi khas nya MPKMB di IPB. (^_^)

Itu baru MPKMB tahun pertama di IPB. Karena di tahun keduanya akan ditemui dua masa pengenalan yang lain. Sebutlah MPD (Masa Pengenalan Departemen) dan MPF (Masa Pengenalan Fakultas). Inilah yang mebuat IPB agak berbeda dengan kampus yang lain. Yakni para mahasiswa akan menemui tiga Ospek dimasa perkuliahannya. MPKMB di tahun pertama sebagai masa pengenalan kampus, kemudian MPF ditahun kedua sebagai masa pengenalan tiap-tiap fakultas. Dan yang terakhir adalah MPD sebagai masa pengenalan jurusan yang diambil.

Berhubung tahun ini adalah tahun kedua ku di IPB, maka MPKMB tahun lalu sudah kulalui(walau sampai kini belum memegang sertifikat MPKMB nya, hhehe J ). Sedangkan MPF juga baru beberapa hari yang lalu ku jalani dengan suka dan duka nya. Mulai dari beberapa kali pertemuan guna sosialisasi MPF yang sedikit memotong masa liburan, beberapa kali kumpul bersama kelompok guna menyelesaikan tugas-tugas yang “menantang”, hingga akhirnya kulalui juga tiga hari MPF dengan berbagai macam seminar dan kegiatan yang insya Allah bermanfaat meski badan pun kelelahan. (^_^)


Yups, kurang satu lagi masa pengenalan yang belum kulewati. Masa pengenalan satu ini konon katanya paling mantap kegiatan pun tugasnya. Karena memang sudah kurasakan salah satu tugasnya sejak sebelum liburan, yaitu mendesain dan mengadakan sebuah acara kumpul antar angkatan-angkatan  sesepuh dengan kami yang angkatan baru. Bismillah… satu masa pengenalan lagi, SEMANGAT \(^,^)/

ini nasi bungkus di acara MPF hari terakhir, ada temen yang kreatif dengan menuliskan beberapa kata. mungkin karena cepetnya aku merayap ketika acara outbound MPF kemarin, jadi buat nyemangatin di tulis lagi.

2 komentar:

wah, kang huda menginspirasi pas tahun kedua ini..
maan najah njih kang..
"kotak nasi matrikulasi po'o?"

bukan kotak nasi matrikulasi, itu kotak nasi pas seminar hari terakhir MPF krom

Posting Komentar

 

About Me

Foto Saya
boecah
segalanya telah berubah... tak ada yang akan selalu konstan di dunia ini...
Lihat profil lengkapku

Followers

Copyright © 2010 boecah lawu

Template By Nano Yulianto