Senin, 08 Oktober 2012

sebuah pertanyaan berbuah banyak pelajaran

beberapa hari yang lalu sempat kutanyakan kembali apa itu arti "Kebahagiaan"?

kutanyakan pertanyaan ini ke beberapa teman yang sekiranya mau menjawab pertanyaanku ini. Dan hasilnya, alhamdulillah banyak teman yang ikut menyumbangkan jawabannya masing-masing. namun ada satau hal yang membuatku takjub. Yaitu ada satu kalimat jawaban dari kebanyakan teman-temanku yang memberikan jawaban yang hampir sama. kutanyakan kepada mereka, "Apa itu Bahagia?" dan kebanyakan mereka menyebutkan bahwa bahagia itu adalah "Membuat dan melihat orang lain tersenyum bahagia".

dari jawaban-jawaban yang terkumpul ini, aku pun iseng-iseng berceloteh sendiri. kalau seandainya seluruh manusia didunia ini berpikiran yang sama dengan jawaban itu, maka dapat dipastikan semuanya akan merasakan bahagia. kenapa aku bisa berpikiran seperti ini? karena seandainya setiap orang berpikiran untuk membuat orang lain bahagia, maka orang lain pun akan berpikiran sama yaitu ingin melihat kita bahagia. Misalkan ketika si A ingin melihat si B bahagia, begitupun si B juga ingin membuat si A bahagia. seperti ada hubungan timbal balik sebab- akibat. 

Bila mau sedikit menyambungkan dengan kebiasaan di zaman para sahabat, maka akan kita temukan kata "Itsar". yaitu sebuah sifat yang lebih mementingkan kebutuhan saudara seimannya daripada dirinya sendiri. banyak sekali kisah-kisah heroik para shahabat yang memraktekkan sifat ini. Dan hikmahnya pun dapat dirasakan bukan hanya yang telah melakukannya, tetapi dirasakan pula oleh orang yang telah mendengar ceritanya. benarlah bila disebutkan, "Islam itu indah, seandainya kita mau menyelami, mempelajari juga mempraktekkannya dalam kehidupan sehari-hari".
 
ISYHADUU BIANNA MUSLIM (^_^)

0 komentar:

Posting Komentar

 

About Me

Foto Saya
boecah
segalanya telah berubah... tak ada yang akan selalu konstan di dunia ini...
Lihat profil lengkapku

Followers

Copyright © 2010 boecah lawu

Template By Nano Yulianto